Rabu, 11 Januari 2017

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI



PENGANTAR AKUNTANSI
"SISTEM INFORMASI AKUNTANSI"
A. Pengertian
            sistem informasi akuntansi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab untuk menyiapkan informasi yang diperoleh dari pembukuan dan pengolahan data transaksi yang berguna bagi semua pemakaian, baik didalam maupun diluar perusahaan.
B. Siklus Dalam Akuntasi
            1. Sistem Pengeluaran
            2. Sistem Pendapatan
            3. Sistem Produksi
            4. Sistem Manajemen Sumber Daya
            5. Sistem Laporan Keuangan
         C. Karakteristik Sistem Informasi Akuntansi

1. SIA melakasanakan tugas yang diperlukan
    SIA hanya melakukan tugas yang diperlukan oleh pemakai Informasi saja.
2. Berpegang pada prosedur yang relatif standar
    SIA bekerja sesuai dengan peraturan-peraturan yang mengikuti standar perusahaan.
 3. Menangani data terinci
     Data yang ditangani SIA merupakan data yang sudah jelas dan lengkap.
 4. Berfokus histories
     Data yang ditangani lebih difokuskan pada data yang telah dimiliki perusahaan  sebelumnya.
 5. Menyediakan informasi pemecahan masalah
     SIA bertugas menyediakan berbagai macam Informasi dalam pemecahan suatu    masalah.

D. Prinsip-prinsip Sistem Informasi Akuntansi
            1.Kefektifan Biaya : Sistem akuntansi harus efektif biaya. Manfaat informasi yang diberikan harus melebihi biaya yang dikeluarkan untuk menjalani system tersebut.
            2.Tingkat Kegunaan : Agar berguna, informasi harus dapat dimengerti, relevan, dapat diandalkan, tepat waktu, dan akurat.
            3.Flexibilitas : Sistem akuntasni seharusnya dapat mengakomodasi berbagai macam pengguna dan mengubah informasi yang dibutuhkan.

F. Komponen Dalam Sistem Informasi Akuntansi
  • Manusia adalah pelaku yang menjalankan sistem
  • Transaksi merupakan objek dari sistem informasi akuntansi sebagai masukan, lalu diproses sehingga menghasilkan informasi
  • Prosedur adalah langkah-langkah yang harus ditempuh dalam melakukan transaksi atau kegiatan perusahaan.
  • Dokumen yaitu berupa formulir yang digunakan sebagai sarana pencatatan pada saat transaksi
  • Peralatan adalah suatu alat atau sarana yang digunakan dalam melakukan pencatatan pada sistem informasi yang bersangkutan.
G. Peranan Sistem Informasi Akuntansi

1. Memperbaiki kualitas & mengurangi biaya dalam menghasilkan barang/jasa
2. Memperbaiki efisiensi
3. Memperbaiki pengambilan keputusan
4. Menciptakan keunggulan kompetitif

H.   Pemakai Informasi Internal 
               Adalah pemakai Informasi yang berasal dari dalam perusahaan. Dapat digolongkan menjadi :
                     a.       manajemen
                b.      purchasing management 
                c.
       inventory control management 
                d.
      production management
              
 e.       personal management 
              
 f.       finansial management
I. Pemakai Informasi Eksternal
                  a. Pelanggan
b. Pemasok
                  c. Para pemegang saham
d. Para karyawan
e. Para pemberi pinjaman
                  f. Instansi pemerintah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar