PENGANTAR AKUNTANSI
"SISTEM INFORMASI AKUNTANSI"
A. Pengertian
sistem informasi akuntansi adalah
suatu sistem dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab untuk menyiapkan informasi
yang diperoleh dari pembukuan dan pengolahan data transaksi yang berguna bagi
semua pemakaian, baik didalam maupun diluar perusahaan.
B. Siklus Dalam
Akuntasi
1. Sistem Pengeluaran
2. Sistem Pendapatan
3. Sistem Produksi
4. Sistem Manajemen Sumber Daya
5. Sistem Laporan Keuangan
2. Sistem Pendapatan
3. Sistem Produksi
4. Sistem Manajemen Sumber Daya
5. Sistem Laporan Keuangan
C. Karakteristik
Sistem Informasi Akuntansi
1. SIA melakasanakan tugas yang diperlukan
SIA
hanya melakukan tugas yang diperlukan oleh pemakai Informasi saja.
2. Berpegang pada prosedur yang relatif standar
SIA bekerja
sesuai dengan peraturan-peraturan yang mengikuti standar perusahaan.
3. Menangani data terinci
Data yang ditangani SIA merupakan data
yang sudah jelas dan lengkap.
4. Berfokus histories
Data yang
ditangani lebih difokuskan pada data yang telah dimiliki perusahaan sebelumnya.
5. Menyediakan informasi pemecahan masalah
SIA
bertugas menyediakan berbagai macam Informasi dalam pemecahan suatu masalah.
D. Prinsip-prinsip Sistem
Informasi Akuntansi
1.Kefektifan Biaya : Sistem akuntansi harus efektif
biaya. Manfaat informasi yang diberikan harus melebihi biaya yang dikeluarkan
untuk menjalani system tersebut.
2.Tingkat Kegunaan : Agar berguna,
informasi harus dapat dimengerti, relevan, dapat diandalkan, tepat waktu, dan
akurat.
3.Flexibilitas : Sistem akuntasni
seharusnya dapat mengakomodasi berbagai macam pengguna dan mengubah informasi
yang dibutuhkan.
F. Komponen Dalam
Sistem Informasi Akuntansi
- Manusia adalah pelaku yang menjalankan sistem
- Transaksi merupakan objek dari sistem informasi akuntansi sebagai masukan, lalu diproses sehingga menghasilkan informasi
- Prosedur adalah langkah-langkah yang harus ditempuh dalam melakukan transaksi atau kegiatan perusahaan.
- Dokumen yaitu berupa formulir yang digunakan sebagai sarana pencatatan pada saat transaksi
- Peralatan adalah suatu alat atau sarana yang digunakan dalam melakukan pencatatan pada sistem informasi yang bersangkutan.
G. Peranan Sistem Informasi Akuntansi
1. Memperbaiki kualitas & mengurangi biaya dalam
menghasilkan barang/jasa
2. Memperbaiki efisiensi
3. Memperbaiki pengambilan keputusan
4. Menciptakan keunggulan kompetitif
H. Pemakai
Informasi Internal
Adalah pemakai Informasi yang berasal dari dalam perusahaan. Dapat digolongkan menjadi :
Adalah pemakai Informasi yang berasal dari dalam perusahaan. Dapat digolongkan menjadi :
a.
manajemen
b. purchasing
management
c. inventory control management
d. production management
e. personal management
f. finansial management
c. inventory control management
d. production management
e. personal management
f. finansial management
I. Pemakai Informasi Eksternal
a. Pelanggan
b. Pemasok
c. Para pemegang saham
d. Para karyawan
e. Para pemberi
pinjaman
f. Instansi pemerintah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar